Rangkaian Radio FM Sederhana 3V

Rangkaian radio FM sederhana ini bekerja dengan sumber tegangan DC +3 volt dari 2 unit batere AA. Radio FM pada gambar dibawah telah dilengkapi dengan penguat audio (audio amplifier) sebagai penguat sinyal audio untuk menggerkan sebuah hedphone. Pada dasarnya rangkaian radio FM sederhana ini disusun oleh 2 unit transistor dan penguat audio mengunakan IC TDA7050. Gambar skema dan nilai komponen untuk membuat rangkaian radio FM sederhana ini dapat dilihat pada gambar berikut. Rangkaian Radio FM Sederhana 3V.



Dari gambar rangkaian diatas terlihat bahwa rangkaian radio FM sederhana 3 Volt diatas terdiri dari beberpa bagaian sebagai berikut. Bagian radio penerima (receiver) FM dibangun menggunakan 2 unit transistor tipe BF199. Kedua transistor ini membentuk rangkaian receiver FM yang sangat sederhana. Secara keseluruhan rangkaian penerima radio (receiver) FM ini adalah konfigurasi kedua transistor T1 dan T2 tipe BF199 tersebut dengan rangkaian induktor L dan kapasior C. Frekuensi tuning radio penerima (receiver) FM pada gambar diatas diatur menggunakan sebuah variabel kapasitor (varco). Sebagai detektor FM digunakan konfigurasi RC C1, R2 dan C2.

Bagian penguat audio, bagian in berfungsi untuk menguatkan isyarat informasi (sinyal audio) dari rangkaian penerima (receiver) FM. Rangkaian penguat audio ini dibangun menggunakan IC TDA7050 yang diberikan beban sebuah headphone untuk mendengarkan isyarat informasi tersebut. Pada bagian penguat audio rangkaian radio penerima (receiver) FM ini dilengkapi dengan pengatur volume yang berfungsi untuk menentukan level sinyal audio yang dikuatkan oleh bagian penguat audio ini.

Sumber: http://skemarangkaianpcb.com/rangkaian-radio-fm-sederhana-3v/
Yeyeb A Hakisya

Share Experiences and Knowledge

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post