Kelebihan Epub

Epub adalah salah satu format untuk aplikasi e-book yang bersifat terbuka, keistimewaan format epub dibandingkan dengan yang lain adalah kemampuan untuk melakukan optimasi tampilan text menyesuaikan diri dengan device yang dipakai untuk membuka ebook(ipad, sonyreader dll), hal ini dikarenakan karena secara internal kerangka dari file epub adalah xhtml, yang melakukan linking ke gambar dan juga css.

Perbedaan paling mendasar antara buku digital berformat PDF dan Epub adalah pada tampilannya. Sebuah berkas PDF memiliki tampilan yang tetap (fix), sehingga meski berkas itu dibuka di perangkat yang berbeda, tampilannya akan tetap sama. Begitu pula dengan ukuran font, warna, dan peletakan gambar. Ini tentu akan sangat berguna dalam urusan cetak-mencetak dan tukar-menukar dokumen.

Sementara itu, Epub memiliki karakteristik yang lebih dinamis. Ukuran huruf dan pengaturan paragraf dalam berkas Epub akan menyesuaikan diri dengan ukuran layar, sehingga tidak perlu melakukan zoom in dan zoom out, huruf-huruf itu akan muat dengan sendirinya. Juga bisa memasukkan gambar pada berkas Epub, bahkan video dan suara, meskipun peletakannya tidak fix seperti pada PDF.


Sumber dari : http://blog.bukutablet.com/?p=566

Sebagaimana kita ketahui, PDF merupakan dokumen elektronik yang memang sangat luas digunakan saat ini. PDF pada dasarnya adalah dokumen elektronik yang bersifat camera ready atau print ready. Artinya PDF memang hasil akhir dari sebuah produk dokumen digital yang siap cetak. Artinya dari segi ukuran, font dan tata letak dari file PDF adalah tetap (fix) dan tidak akan berubah walaupun dibaca di komputer, tablet maupun smartphone. Nah, masalahnya dengan kondisi tersebut kalau kita hendak membaca buku dalam bentuk PDF di tablet atau device yang kecil seperti smartphone maka kita harus seringkali melakukan zoom in dan zoom out, sehingga tentu saja membuat aktivitas membaca menjadi sangat tidak nyaman dan terganggu.

Sebaliknya buku format EPUB adalah dokumen elektronik yang berbasis HTML. Artinya buku dalam bentuk EPUB sifatnya lebih dinamis. Ukuran huruf, font, nomor halaman dan paragraf selalu menyesuaikan secara proporsional dengan ukuran layar piranti baca. Sehingga Anda akan selalu nyaman dalam membaca buku dalam format EPUB sama persis seperti membaca buku cetak. Oleh karena itu, EPUB adalah dokumen yang tidak siap cetak, melainkan siap dan nyaman untuk dibaca. Tidak hanya itu, buku dalam EPUB memiliki kelebihan lain seperti daftar isi yang bisa dipilih secara langsung sehingga kita bisa langsung tertuju ke bagian yang diinginkan. Kemudian kita bisa melakukan pencarian teks tertentu seperti indeks.

Atas dasar itulah, disertai dengan ujicoba dan riset yang mendalam maka dengan penuh keyakinan penuh BukuTablet memutuskan untuk memilih EPUB sebagai format eBook standar yang digunakan. Sehingga dengan demikian menjadikan BukuTablet adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan format EPUB dalam industri buku digital di tanah air.
Yeyeb A Hakisya

Share Experiences and Knowledge

4 Comments

Post a Comment
Previous Post Next Post